Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah PerkembanganKomputer














Pada awalnya komputer tercetus setelah ditemukannya tabung hampa udara ( vacum tube ). Yang pada awalnya tabung itu digunakan sebagai penguat sinyal. Ketika itu tabung ini terbuat dari kaca hingga memiliki kelemahan seperti mudah pecah. Oleh karena itu harus ada piranti pembantu yang digunakan sebagai pendingin. Komputer pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946, komputer ini diberi nama ENIAC. Namun bayangkan pada masa itu dibutuhkan 18.800 vacum tube untuk komputer ini. Ditambah lagi berat keseluruhan komputer ini mencapai 30 ton, dengan panjang 30meter dan tinggi 2,4 meter.
Lalu pada perkembangan komputer fenerasi kedua ditemukanlah transistor. Bahan baku transistor terbuat dari tiga lapis yaitu basic, collector, dan emmiter. Fungsi dari transistor ini adalah untuk penguat sinyal. Transistor lebih efektif daripada tabung hampa udara karena tidak cepat panas dan lebih kecil ukurannya. Oleh karena itu ukuran komputer generasi kedua telah mengalami penyusutan hingga lebih kecil daripada ENIAC.

Gambar ENIAC saat dioperasikan

Lalu muncul generasi ketiga yang telah berkembang. Berasal dari keinginan untuk terus mengembangkan teknologi ditemikanlah IC ( Intgrated Circuit ).  IC sangatlah kecil hingga menambah kemudahan, yaitu ukuran komputer yang maakin kecil. Konsep dari IC sendiri adalah dengan menumpuk semacam kartu memori. Dalam tumpukan itu terdapat delapan bidang, dan tiap bidangnya memiliki cincin magnetik. Yang digunakan untuk untaian kabel , dan di magnetisasi secara satu arah atau berlawanan, hingga akhirnya mengisyaratkan on-off. Itulah awal mula ditemukannya konsep bilangan Biner ( 0 dan 1 ). Pada generasi ketiga ini telah muncul komputer komersil yang diproduksi oleh IBM (1968).
 
Generasi keempat, nah zaman inilah dimana mikroprosesor berkembang. Komputer pada itu telah mengilhami munculnya teknologi masa kini. Pada generasi keempat ini komputer telah menggunakan teknologi mikroprosesor yaitu dengan memadatkan ribuan IC dalam sebuah chip. Mikroprosesor pertama dikembangkan oleh Intel pada 1971 (seri 4004). lalu disusul pabrikan apple yang mengeluarkan seriApple I Koputer.
Teknologi Lanjut, teknologi inilah yang kita pakai sekarang. Yaitu dengan penggunaan LSI (Large Scale Integration). Yaitu teknologi dengan cara memadatkan ribuan mikroprosesor kedalam sebuah mikroprosesor.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment