hik . . hik . . cegukan nih . . .

Duh cegukan itu apa ya?




Duuh kalau cegukan dateng pasti bertanya-tanya kenapa ya? nah sebenarnya cegukan itu tidak bisa dikontrol oleh tubuh kita cegukan bisa saja datang sendiri lalu berakhir begitu saja. Dan bila kita masih ingat pameo yang berear dimasyarakat cegukan muncul pada anak kecil sebagi tanda bahwa ia akan tumbuh besar. Nah namun secara ilmiahnya adalah sebagai berikut :
Cegukan merupakan pengambilan udara yang mendadak disebabkan oleh kontraksi diafragma secara tidak teratur. Penyebabnya adalah karena gangguan organ-organ tubuh yang beada dekat dengan diafragma.
Seperti saat kita makan terburu-buru, atau makan sambil berbicara, dll. Nah kejang yang terjadi tadi menarik udara dari paru-paru melalui laring, hingga membentur epiglotis hal itulah yang menyebabkan pita suara bergetar. Nah itulah penyebab mengapa muncul suara hiks ketika kita cegukan.
 Faktanya cegukan dapat muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Tapi bisa juga cegukan berlangsung hingga berjam-jam lamanya. Nah bila hal itu sudah terjadi maka perlu dilakukan penanganan medis.

Nah dari suatu referensi dikatakan cegukan tidak dapat diobati namun dapat dihaentikan.
1. Yaitu dengan cara minum segelas air putih sambil menahan nafas. Nah lebih baiknya kita mencegah  kemungkinan cegukan dengan tidak makan dengan terburu-buru ataupun makan ambil berbicara.
2. Menghirup udara dari sebuah kantung karena dengan begitu akan meningkatkan kadar karbon dioksida.
3. Menahan nafas selama mungkin lalu ketika dirasa akan cegukan sebisa mungkin telanlah getaran itu.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment